PANEN APEL

Kegiatan yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja ketika berlibur ke Batu Malang adalah berjalan – jalan ke kebun apel.  Kebun apel di Batu Malang  terdapat di daerah Nongkojajar, Kabupaten Malang dan yang harus anda ketahui, kualitas apel terbaik berada di daerah kota Batu, tepatnya di lereng Gunung Arjuna yang masuk pada wilayah Kecamatan Bumiaji.

Apel bukanlah buah musiman. Saat yang tepat pergi ke kebun apel adalah pagi hari, sebelum pukul 09.00. Apabila anda beruntung, anda akan berjumpa dengan para petani yang sedang memanen apel. Untuk turut kegiatan memanen apel ini, tentunya anda harus di dampingi guide lokal yang mengenal pemilik kebun apel tersebut. Memanen apel tentunya berbeda dengan wisata petik apel yang memang dikhususkan sebagai destinasi wisata agribisnis. Di kebun apel yang sedang dipanen, anda akan mendapatkan apel dengan kualitas sangat bagus.

Ada dua jenis apel yang pada umumnya ditanam oleh para petani, yakni jenis apel manalagi yang rasanya manis, dengan warna kehijauan dan buahnya yang cenderung lebih keras.  Apabila semakin masak, maka warnanya semakin menguning dan rasanya tentu semakin manis. Berbeda dengan jenis apel anna yang rasanya masam dengan bentuk buahnya yang oval, renyah dan berwarna hijau kemerah-merahan.

Salah satu destinasi perkebunan apel dengan pemandangan yang cukup menawan berada di daerah Gabes dan Gimbo, Desa Junggo. Ada ratusan hektar hamparan perkebunan apel. Bahkan anda akan menjumpai tempat ibadah umat Hindhu yang bernama Pura Luhur Giri Arjuna di puncak Perkebunan Gabes.

Kegiatan memanen apel ini tentunya akan menjadi sebuah pengalaman liburan tak terlupakan, apalagi bila anda mengajak anak-anak untuk turut terlibat. Tidak hanya foto-foto saja yang anda dapatkan, melainkan juga buah apel dengan kualitas terbaik. Interaksi dengan petani pun akan menjadi sebuah kesan dengan nilai tersendiri. Selain edukasi tentang pertanian apel, anda tentunya akan lebih mengetahui suka duka kehidupan para petani apel.

Jangan segan untuk merogoh kocek lebih dalam untuk para guide lokal ataupun tour lokal yang tentunya lebih mengenal karakter masyarakat setempat dan akan memberikan anda lebih dari sekedar liburan. Tentunya anda pun juga harus selektif dalam memilih jasa tour/guide lokal. Tidak semua tour/guide lokal benar-benar mengerti seluk beluk budaya masyarakat setempat. Indonesian Super Guide menawarkan lebih dari sekedar liburan. Segera hubungi kami untuk penawaran-penawaran menarik dan seru…!!

Leave a Reply