TANAH LOT

Tanah Lot merupakan salah satu tempat terbaik di Bali untuk menyaksikan sunset. Bahkan keindahan panorama Tanah Lot telah dikenal hingga ke Mancanegara. Bagi masyarakat Pulau Dewata, selain memiliki nilai sejarah, Pura Tanah Lot adalah salah satu Pura suci dan sakral dan termasuk salah satu Pura Kahyangan Jagat. Hampir setiap hari, Tanah Lot selalu dipenuhioleh wisatawan maupun umat yang beribadah.

Lokasi Tanah Lot kurang lebih sekitar 25 kilometer dari Kota Denpasar, tepatnya di wilayah Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Bali. Letak Pura Tanah Lot ini sendiri cukup unik, berada di atas batu karang laut besar,dan menghadap ke samudra Hindia.

Para pengunjung dapat pula berjalan-jalan atau berfoto-foto di sekitar batu Karang Tanah Lot, dengan catatan air sedang surut. Apabila air laut sedang pasang, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk mendekati batu karang Tanah Lot karena ombak bisa datang dengan tiba-tiba dan membahayakan.

Di dalam area Pura Tanah Lot terdapat ular laut jenis Bungarus Candidus (ular weling), yang menurut masyarakat setempat dipercaya sebagai hewan suci penjaga Pura. Ular tersebut berada di salah satu sudut karang yang ada di Pura Tanah Lot. Ular tersebut adalah salah satu berbisa dari sukuĀ Elapidae; yang persebarannya berada di kawasan Asia Tenggara, termasuk Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Leave a Reply