CANDI SONGGORITI

Setiap daerah tentunya memiliki ikon sejarah dengan keunikannya masing masing. Seperti keberadaan kota Batu yang tidak dapat dilepaskan dari keberadaan Candi Songgoriti, sebagai salah satu monumen bersejarah yang diketahui sebagai peninggalan kerajaan Singasari. Sayangnya keberadaan Candi dan sekitarnya kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah setempat, ini terlihat dari patahan-patahan yang yang terdapat di beberapa struktur Candi. Meskipun demikian, masih ada masyarakat tertentu yang melakukan ritual pemujaan di Candi Songgoriti.

Candi Songgoriti ini memiliki keunikan dengan 3 karakter mata air yang bersumber dari bawah bangunan Candi. Karakter yang pertama adalah air dingin yang tidak mengandung belerang, karakter kedua adalah air panas yang tidak mengandung belerang, dan karakter ketiga adalah air panas yang mengandung belerang dengan warna air yang kekuning-kuningan.

Menurut cerita rakyat yang dipercaya masyarakat setempat hingga kini, pada era kerajaan Singasari pernah diutus seorang Empu (pembuat keris) untuk berjalan ke barat mencari tempat tetirahan (peristirahatan). Kemudian Empu yang dikenal sebagai Empu Supo ini membangun sebuah Candi di atas mata air yang kemudian diberi nama Candi Songgoriti, yang hingga kini kawasan tempat dibangunnya Candi tersebut dikenal sebagai Songgoriti. Pada mata air yang terdapat di bawah bangunan Candi tersebut dulunya tidak memiliki kandungan air panas maupun belerang. Namun dikarenakan mata air di Candi tersebut sering dipergunakan sebagai penyucian benda-benda pusaka, maka mata air tersebut terpengaruh magis dari benda-benda pusaka dan berubah menjadi mata air panas dengan kandungan belerang.

Untuk mencapai Candi Songgoriti tidaklah terlalu sulit, lokasi Candi Songgoriti dapat anda tempuh dengan kendaraan bermotor tidak lebih dari 15 menit dari alun-alun kota Batu. Anda pun dapat merasakan berendam air panas di samping Candi Songgoriti dengan tiket yang cukup murah, hanya 25 rupiah dengan fasilitas kamar rendam yang dilengkapi dengan bathup. Berendam air panas belerang  disini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba berendam air panas di kawasan wisata Candi Songoriti, sebagai media pelepas lelah setelah berjalan-jalan maupun sebagai mometum untuk relaksasi terlepas dari legenda masyarakat setempat.

Leave a Reply