AIR TERJUN SIPISO PISO

Air terjun tertinggi di Indonesia berada di Sumatera Utara, Kabupaten Karo, Kecamatan Merek, dan tidak jauh dari pemukiman Desa Tongging. Letaknya kurang lebih sekitar 24 km dari kota Kabanjahe atau tidak lebih dari 3 jam perjalanan.  Untuk mencapai lokasi air terjun ini tidak terlalu sulit, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau naik bus sebagai sarana transportasi publik. Apabila anda berangkat dari Medan, anda bisa menggunakan bus dengan jurusan Kota Kabanjahe yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan, kemudian disambung dengan bus yang menuju Danau Toba dengan jarak tempuh sekitar 24 km.

Sipiso piso, demikian masyarakat setempat menyebutnya. Air terjun yang terbentuk dari aliran sungai Pajanabolon ini mengalir hingga kemudian bermuara di Danau Toba. Sebelum anda turun ke dasar air terjun, sebaiknya anda ke Gardu Pandang terlebih dahulu yang letaknya berada di puncak bukit. Dari sana anda dapat menikmati indahnya Tanah Karo, Pulau Samosir, dan Danau Toba.

Setelah anda puas menikmati panorama di gardu pandang (point of view), anda dapat segera menuju air terjun melalui alur  punggung bukit yang tersedia dengan menuruni anak tangga. Tak perlu berjalan terburu-buru, nikmati setiap momen perjalanan anda dengan berfoto foto. Perjalanan menuruni anak tangga memerlukan waktu sekitar satu jam, dan dijamin tidak akan terasa melelahkan karena pemandangan yang disuguhkan begitu menawan sehingga sulit untuk dijelaskan dengan kata.

Sesampainya di dasar air terjun, sebaiknya anda lebih berhati hati, terutama saat musim hujan. Jalan yang anda lalui akan menjadi semakin licin, dan tentunya debit air semakin meningkat deras. Semakin turun, udara yang anda rasakan tentunya akan semakin dingin, sama halnya aliran air dari air terjun Sipiso-piso. Suasana dingin di dasar air terjun Sipiso-piso tidak akan membuat tubuh anda membeku, melainkan mampu menyegarkan tubuh dan pikiran anda dari rasa penat yang disebabkan rutinitas sehari-hari.

Oh ya, anda tidak perlu khawatir dengan sarana prasarana yang tersedia di sekitar air terjun Sipiso piso. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, termasuk penginapan, rumah makan, toilet umum, dan lain-lain. Bahkan penduduk sekitar cukup ramah terhadap para wisatawan. Selamat liburan anda menyenangkan….!!

Leave a Reply