PANTAI WATU PARUNU

Nusa Tenggara Timur memiliki banyak sekali pantai pantai yang keindahannya mampu melupakan kepenatan kita terhadap rutinitas kuliah atau pekerjaan. Dari sekian banyak pantai yang ada di pesisir Pulau Sumba, Pantai Watu Parunu merupakan pantai paling favorit. Berada di sisi paling timur Pulau Sumba, pantai Watu Parunu adalah pantai dengan panorama alam yang paling indah.

Untuk mencapai pantai Watu Parunu, wisatawan harus menempuh perjalanan sejauh 135 kilometer dari pusat Kota Waingapu. Lokasi pantai ini berada di wilayah Desa Lain Janji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur. Perjalanan jauh anda akan terbayar oleh kemolekan Pantai Watu Parunu.

Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai serta aksi dari ombak yang beriak kencang akan membuat anda tak letih untuk sekedar bermain pasir ataupun bercanda dengan riak riak ombaknya yang lembut. Apabila air pantai sedang surut, anda dapat melalui tebing batu berlubang yang berukuran cukup besar. Nama pantai Watu Parunu sendiri berkaitan dengan fenomena batu berlubang yang terjadi karena fenomena alam dan menjadi ciri khas dari pantai ini. Setiap orang yang melewati batu berlubang akan berjalan melintasi batu tersebut dengan menunduk, sehingga warga sekitar memberi nama pantai ini dengan Watu Parunu. Yang mana, Watu dalam bahasa setempat berarti batu dan Parunu yang mempunyai arti harfiah berjalan menunduk.

Apabila anda sudah bosan bermain main dengan pasir dan ombak, anda bisa mendaki tebing batu putih yang membentang pada ujung timur pantai. Guratan tebing dengan tekstur unik yang meliuk-liuk, dipadukan rona merah senja akan membius anda untuk beberapa saat. Dari puncak bukit ini pula anda dapat menyaksikan hamparan laut yang begitu mempesona.

Leave a Reply