CWIE MIE MALANG

Malang memiliki ragam kuliner asli daerah yang harus dicoba, salah satunya adalah Cwie Mie yang identik dengan daerah Malang sebagai daerah asalnya. Ada yang berbeda tentunya antara cwie mie dan mie ayam. Dari penampilan di atas mangkuk, perbedaan antara mie ayam dan cwie mie bisa langsung dikenali dari topping yang digunakan. Pada cwie mie, topping yang digunakan biasanya adalah ayam yang dicincang sampai halus dan terlihat berwarna putih atau coklat muda memenuhi bagian atas mie dengan tambahan bawang goreng dan irisan seledri. Sedangkan pada mie ayam, topping yang digunakan memang sama-sama ayam namun bentuknya cukup besar dan biasanya berbentuk kotak dengan warna bumbu yang coklat.

Beranjak soal rasa, terdapat perbedaan yang cukup besar di lidah tentang dua makanan ini. Cwie mie cenderung lebih beragam dan kuat dalam beberapa jenis minyak yang digunakan sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan cenderung asin. Sebaliknya, mie ayam memiliki kekuatan pada rasa manis yang dihasilkan oleh olahan bumbu pada taburan ayam yang digunakan juga sebagai penyedap pada mie.

Pada pendamping mie untuk menambah tampilan serta penambah rasa, terdapat perbedaan yang cukup jelas juga. Cwie mie biasa menggunakan daun salad yang diletakkan di samping mie sebagai pendamping, disertai kerupuk dan pangsit yang disendirikan dengan kuahnya.

Cwie mie sendiri adalah kuliner yang sejarahnya dari etnis Tionghoa. Pada beberapa tempat di Malang, Cwie mie biasanya tidak terpisahkan dari daging Babi. Salah satu kedai penyedia cwie mie halal yang cukup terkenal ada di kota Batu, yakni cwie mie lombok.

Kedai ini berada di selatan alun alun kota Batu, tepatnya berada di Jl. Munif No.03 atau bersebelahan dengan Janus Coffee & Library. Kedai yang bernama Cwie Mie Lombok ini merujuk pada cabe, yang berarti pedas. Cwie Mie pedas disini terbilang cukup diminati, apalagi dipadukan dengan minunan es kelapa muda sebagai penawar pedas dan penawar perut panas. Namun bagi anda yang tidak menyukai masakan pedas, disini juga menyediakan cwie mie original.

Leave a Reply